Skip to main content

Membuat/menampilkan jumlah (count) data atau baris (Record) dengan java NetBeans dan MySQL

Atau juga bisa disebut jumlah hasil rekaman dalam tabel atau database.
Duh daripada belibet dan temen2 gak maksut sama yang irna maksut mending irna tampilin dulu aja deh hasil jadinya, perhatikan LINGKARAN MERAH!

Pada lingkaran merah itulah yang irna maksutkan dan mungkin yang temen2 maksutkan juga, Cuma cara ngomongnya yang susah yah?? hehee gpp, woles ajah… Cekidot, begini cara membuatnya.
1.     Buka dulu Netbeansnya, lalu Project Anda, lalu Form yang akan diberikan recordnya.
2.    Tambahkan 2 Label, label yang pertama berikan text “ Record : “, kemudian label yang ke dua berikan text angka “0”. LIHAT GAMBAR yang diberi lingkaran dan anak panah merah gaes..!!

itu merupakan hasil penghitungan record/baris/jumlah data yang sudah di inputkan, perhatikan isi dalam tabel! Didalam tabel hanya berisi 3 data, maka Record : 3, dan ketika diinputkan 1 data lagi ya Recordnya 3+1 jadinya Record : 4. Gitu kan????

3.    Pada label “Record : “ lakukan klik kanan – pilih change variable name – berikan nama “record”. Kemudian label “0” juga silahkan lakukan klik kanan – pilih change variable name – dan berikan nama “LCountPtg”
4.    Kembali ke tab Source, cari tampilan source code class yang digunakan untuk melakukan pemanggilan data dari database ke jTable, kemudian tambahkan coding seperti gambar yang udah dilingkari merah itu loh.. ini nih contoh tampilan source codenya daripada bingung hehee,…

nah loh pantengin aja tuh source codenya! tapi jangan sampe melotot gitu juga kale.. hahaa..
Cuma itu aja coding yang digunakan buat menampilkan jumlah/record/count data yang sudah diinputkan dan ditampilkan ke jTable. Mudah kan??? belajar itu gak bakal susah kalau kita mau usaha cari referensi.
coba lakukan penyimpanan, kemudian coba di Run dan lihat hasilnya.. kebangetan ah kalau error mah Cuma coding dikit ini kan? hehee.. makanya dalam melakukan sesuatu itu baca bismillah dulu, kan gak berat, hehee..

perhatikan perbedaannya dengan gambar di awal tadi, di gambar ini sudah diinputkan data baru di baris ke-4,

Gimana-gimana??? udah bisa ya.. pokoknya tetep SEMANGAT dan HAPPY CODING :D
Thanks, buat Pak Windy yang setia mengajari kami..

yang mau e-book nya boleh Download e-Book
Source codenya Download di sini!


NB :  Pasti banyak kekurangan atau mungkin banyak kesalahan yang penting bukan hasil copy paste dari blog lain, makanya Irna tunggu kritik dan sarannya, terimakasih..

Comments

  1. dua jempol diatas.. terima kasih :D

    ReplyDelete
  2. keren bgt mba irna makasih banyak ya

    ReplyDelete
  3. mohon bantuan nya bagaimana jika saya ingin menampilkan data dari tabel tersebut dengan kriteria tertentu dan di tampilkan di label contoh * dari tabel di atas saya ingin mengetahui jumlah petugas yang bernama nana kemudian hasil nya di tampilkan di label terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas, logikanya begini, kalau dari tabel itu berarti kan dari database ya?
      berarti codenya adalah menampilkan data dari database (pasti sudah bisa) kemudian label nya tinggal di settext aja dengan code menampilkan data dari database tadi

      Delete
  4. Makasih sangat bermanfaat 👍

    ReplyDelete
  5. untuk oracle bisa juga kah,.?

    ReplyDelete
  6. Apa ada codding buat ,terbilang secara otomatis kak?

    ReplyDelete
  7. Mba mau tanya, untuk mau mengebalikan perhitungan sum dari 0 saat di simpan data rumusnya bagaimana? Makasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial atau Cara Menambahkan Palette yang Belum Tersedia di Netbeans

Ini juga gak kalah mudahnya, tapi semoga bermanfaat karena berbagi itu gak ada yang sia-sia. (yang di praktekkan menambahkan palette jDateTimePicker. Berikut langkah-langkahnya : 1.      Pada menu bar Tools pilih Palette > pilih Swing/AWT Components. 2.        Setelah muncul tampilan seperti dibawah klik Add From Jar. 3.        Cari file Calendar.jar yang sudah anda download/simpan, jika belum punya silahkan temen2 download dulu di >> Download Kemudian klik Next. 4.        Pilih Available Components JDateTimePicker, Kemudian klik Next. 5.        Pilih palette categories tempat untuk menyimpan hasil penambahan palette jDateTimePicker nya, disini saya pilih Swing Controls Klik Finish. Form yang masih terbuka close saja.  6.        Cek di palette Swing Controls, jika berhasil maka palette jDateTimePicker akan muncul seperti pada gambar dibawah : 7.        Untuk peenggunaannya ya seperti palette yang lain, tinggal klik kemu

Contoh Normalisasi, Relasi Antar Tabel, Kamus Data dan Pembuatan Database Sistem Informasi Klinik atau Rumah Sakit

Assalamu'alaikum... Mencoba berbagi lagi sambil nunggu waktu buka puasa, irna pengen bahas tentang bagaimana merancang sistem (analisys system) pembuatan sebuah Sistem Informasi Klinik atau bisa juga Rumah Sakit tapi dalam lingkup kecil. Yang mau irna bahas disini dari pembuatan Normalisasi, Relasi Antar Tabel, Kamus Data dan Pembuatan Database Sistem Informasinya. Pembahasan sebelumnya tentang Contoh Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Klinik atau Rumah Sakit (Diagram Konteks, DFD/DAD, Flowchart System) sudah irna posting lebih dulu kok tinggal klik aja link nya tapi jangan lupa Skip Add yah tunggu 5 detik ajah hehee... Yupzt berikut hasil screen shoot gambar-gambarnya untuk normalisasi sampai kamus data nya : >> Bentuk Tidak Normal (Unnormal) : >> Bentuk Normal Pertama : >> Bentuk Normal kedua : >> Bentuk Normal Ketiga : >> Relasi Antar Tabel : >> Kamus Data : Tabel 4. 1 Pengguna No Fie

Tutorial Membuat Penomoran Otomatis atau Auto Number Java Netbeans

Membuat penomoran otomatis atau auto number, Yaitu ketika form ditampilkan, selesai menyimpan data, edit data, hapus data dan membatalkan penginputan kode/id/nomor akan muncul secara otomatis dan urut melanjutkan kode yang sudah diinputkan. Berikut cara pembuatannya :       1. Tentunya buka dahulu project Anda masing-masing hehee… kemudian masuk ke Tab menu Project Anda dan buatlah Source Package baru dengan cara klik kanan Source Package pada projeck Anda> pilih New > pilih Java Package.. seperti pada gambar, Isikan Package Name sesuai keinginan Anda, kalau punya saya medical.classJava (medical = nama project) hehee… Klik Finish.       2.    Kemudian buatlah sebuah Java Class di dalam Source Package yang baru saja dibuat tadi. Caranya seperti biasa klik kanan > pilih New > pilih Java Class.. Setelah muncul form , berikan nama Validasi pada Class Namenya. Kemudian klik Finish.       3. Setelah muncul Validasi.java di bawah coding p