Skip to main content

Source Code Program Aplikasi Presensi Delphi 7

Coba kembali belajar Delphi 7 hehee..
Fasilitas Aplikasi Presensi :
1. Multi User dan ada hak aksesnya, jadi sebagai user biasa tanpa login hanya bisa melakukan Presensi. Login Admin bisa akses semuanya kecuali fitur untuk ganti password. Login sebagai Kepala Sekolah hanya bisa akses Presensi, Menu Cetak dan Ganti Password Login.
2. Dilengkapi banyak validasi-validasi ketika berhasil menyimpan data, presensi, gagal dll.
3. Bisa melakukan aktivitas Login, Simpan data, Presensi, pindah ke text field/comboBox berikutnya dll tanpa menggunakan Mouse, jadi langsung tekan Enter data bisa langsung tersimpan.
4. Bisa melakukan Cetak/print data Admin, Guru dan Karyawan, Rekap Presensi dan setiap Guru/Karyawan yang melakukan Presensi juga bisa mencetak hasil presensinya.
5. Ketika set focus aktif text field berubah warna yang tadinya putih menjadi biru.

Berikut hasil Screen Shoot tampilan program Aplikasi Presensi Guru dan Karyawan Sekolah :
1. Tampilan menu utama ketika belum Login/tampilan untuk user biasa (Guru dan Karyawan)

2. Tampilan Form Presensi

3. Tampilan form Login


4. Tampilan Menu utama ketika sudah Login sebagai Admin

5. Tampilan Form Input Data Admin


6. Tampilan Form Input Data Guru dan Karyawan 

7. Tampilan Form Rekap Presensi

8. Tampilan Form Cetak/print Data Guru dan Karyawan


9. Tampilan Form Cetak/print Data Rekap Presensi


10. Tampilan Menu Utama ketika sudah Login sebagai Kepala Sekolah

11. Tampilan Form Ganti Password Login (hanya untuk kepala sekolah)

Masih sangat sederhana (masih belajar), hehee
untuk mendapatkan source code program silahkan Download PIN yang di RAR ganti 5505DBDC, dan untuk mendapatkan password RAR nya silahkan tinggalkan alamat email Anda di kolom komentar nanti saya balas di email Anda.

#sebelum dibuka di Delphi Anda dan di Run baca dulu file notepad dengan file name "BACA SAYA DULU" yang ada di dalam folder tersebut agar proses lancar tanpa error fatal!!!!!!!

========================= Terimakasih & Happy Coding :D ============================












Comments

  1. Password harap kirim ke email saya: cyber.afif@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah, silahkan cek email.

      Delete
    2. mbak minta pass dong,,,,hericofee@gmail.com
      matursuwun,,,

      Delete
    3. PASSWORDNYA HARAP DIKIRIM KE julpikar.kadju@gmail.com

      Delete
  2. pass kirim ke danikisaran@gmail.com.. thx mbak

    ReplyDelete
  3. mbak minta passnya "pherie09@gmail.com"

    ReplyDelete
  4. Terima kasih ilmu nya..
    boleh minta password .rar nya?

    thx before

    ReplyDelete
    Replies
    1. alamat emailnya apa ya mas??

      Delete
    2. akufaisal25@gmail.com
      maaf ketinggal ^^

      Delete
    3. sudah mas, cek email dan trimakasih kunjungannya

      Delete
  5. Mbak minta password rar nya kirim kesini : widodocoker@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah, silahkan cek email.

      Delete
    2. Mbak minta password rar nya kirim ke : ratika.trisnawati@yahoo.com
      Thx before :)

      Delete
  6. makasih yaa kak..

    kirim kesini ya kak password rar nya : rony.aulia.rahman@gmail.com

    ReplyDelete
  7. mbak, kirim kesini ya passwordnya : mrx.balebale@gmail.com
    makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah mas silahkan cek email, capslock aktif ya mas paswordnya.

      Delete
  8. Password nya dong.. email : putra199616@yahoo.com
    makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirim kak passwordnya, cek email!

      Delete
  9. mbak, kirim kesini passwordnya : rycko.pratama@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirim kak passwordnya, cek email!

      Delete
  10. kirim passwordnya mp3imam@gmail.com thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirim kak passwordnya, cek email!

      Delete
  11. Passwordnya dong kaka .

    ke.piss.182@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirim kak passwordnya, cek email!

      Delete
  12. bagi password nya dong mbak
    email : waellrpm@gmail.com
    thx and happy codding :)

    ReplyDelete
  13. mba minta passwordnya dong :D
    dwibudiswawan@gmail.com

    ReplyDelete
  14. mba irna yang baik hati minta psswordx dong
    rosadimaros879@gmail.com
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  15. maaf mbak,, boleh minta password winrar nya tidak??
    buat nambah2 ilmu
    makasih

    bisa dikirim ke sini : cahya.kurniawan21@gmail.com

    ReplyDelete
  16. Minta Passnya Mba :)
    wibbyramdhani@gmail.com

    ReplyDelete
  17. asslkum, kak minta passwordnya, trimakasi
    rahman.ulma@yahoo.com

    ReplyDelete
  18. mba minta tolong password rar nya dong "zzz.fariez@gmail.com"

    ReplyDelete
  19. passwordnya mbak, kirim ke azzvenger@gmail.com , makasih sebelumnya mbak.

    ReplyDelete
  20. passwordnya donk mb . kirim e-mail ( mustofaludin@gmail.com )

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email.

      Delete
  21. bagi dong mbak ke nadhif502@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di balas, cek email dan trimakasih kunjungannya

      Delete
  22. minta pass winrarnya dong mba ke undriefarm@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di balas, cek email dan trimakasih kunjungannya

      Delete
  23. waw kereen mba aplikasinyaa ^^

    ReplyDelete
  24. minta pass RaR nya kak mansyur.elfatah@gmail.com

    makasih : )

    ReplyDelete
  25. 13muhammadtasmin@gmail.com

    ReplyDelete
  26. ^^ sudah di balas, cek email

    ReplyDelete
  27. kak pass nya ya lanafansub@gmail.com

    ReplyDelete
  28. minta pass nya dong mb krm ke fahrurrajia@gmail.com. . mksh

    ReplyDelete
  29. ^^ sudah di balas, silahkan cek email dan trimakasih atas kunjungannya

    ReplyDelete
  30. minta passwordnya mba..
    email hatake_devil_01@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  31. kirim password nya donk ka
    email wafat77@gmail.com

    ReplyDelete
  32. ^^ sudah di balas yah, cek email dan trimakasih atas kunjungannya..

    ReplyDelete
  33. Kirim pass nya dong ka
    Pashriyandhi@gmail.com
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di balas yah, cek email dan trimakasih atas kunjungannya..

      Delete
  34. Password harap kirim ke email saya: kardikaffah@gmail.com


    Jazakamullah Khairon Katsiro nya ,.,,,

    ReplyDelete
  35. passwordnx donq ka
    msadli_do_bayan@yahoo.com

    ReplyDelete
  36. ^^^ sudah di balas yah, cek email dan trimakasih atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  37. ka tolong bagi passwordnx dong thank...
    msadli_do_bayan@yahoo.com

    ReplyDelete
  38. minta pass x donk...
    Richard.hengky@gmail.com
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di balas yah, cek email dan trimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  39. Nana irnawati @bagi passwordnya dong

    ReplyDelete
  40. Mba Nana Tolong Password Rarnya Dong Soalnya Saya Lagi Membutuhkan Info Dari Program anda
    Email Saya ridhorama17@gmail.com Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  41. ^^ sudah di balas yah, cek email dan trimakasih atas kunjungannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  42. mba passwordnya apa ya ??
    cicimaryati95@gmail.com

    thanks :)

    ReplyDelete
  43. ^^ sudah di balas yah, cek email dan trimakasih atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  44. pass.y dong mba' !!
    imranjhee@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  45. mba nana, saya boleh minta pass nya?
    email saya kel1faal.13@gmail.com
    terima kasih :)

    ReplyDelete
  46. ^^ terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email.

    ReplyDelete
  47. mohon pass nya dong mba,,
    falendra.pan@gmail.com
    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. falendra.ipan@gmail.com

      Delete
    2. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email.

      Delete
  48. minta pass dong mbak
    ohermawan11@gmail.com
    matur suwun,,,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email.

      Delete
  49. mnta pass ny mba....
    armada.triple@gmail.com
    mksih.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email.

      Delete
  50. kirim ke email : kazoeya424@gmail.com

    ReplyDelete
  51. pass please,
    send to andre.tupelu@gmail.com
    thanks

    ReplyDelete
  52. ^^ terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email.

    ReplyDelete
  53. tabe bagi passnya mba :)
    ga2l.paham@gmail.com

    ReplyDelete
  54. Mba bagi passnya donggg
    dnydwianto@yahoo.com

    ReplyDelete
  55. ^^ terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email.

    ReplyDelete
  56. preaker.bwi@gmail.com mohon paswot mbak..

    ReplyDelete
  57. [ASK] Berarti puna kakak usernya ada 3 level ya? user biasa, admin dan kepala sekolah dg hak akses yg berbeda2. nah, di kasus saya ada 2 user. admin dan guru. saya buat pemrograman desktop pengolahan nilai siswa. itu gmana kak? mhon bimbingannya...
    #Need Fast Respone

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau berapapun usernya sama saja kok tinggal mengurangi atau menambah saja.. kalau bertanya tentang coding ndak bisa fast respon mbk.. maaf ya paling ndak saya harus mencobanya dahulu..

      Delete
  58. passwordnya ya mbak
    djulkiplie@gmail.com
    maturnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email.

      Delete
  59. minta passwordnya mbak..
    semukersumar@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email.

      Delete
  60. Maaf mbak kalo boleh kirimin dindingnya :
    Sirmanhadi0@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  61. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

    ReplyDelete
  62. minta pass dong
    sugiarto.270594@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

      Delete
  63. minta pass dong
    arek.kawatan@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

      Delete
  64. minta pass dong mba, juliantwo@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek emai

      Delete
  65. hericofee@gmail.com
    makasih mbak..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

      Delete
    2. sairmansairman@gmail.com
      minta passwordnya :-)

      Delete
    3. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

      Delete
  66. minta paswordnya mbak aw845202@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

      Delete
  67. minta passwordnya ya mbak. chacaichaaa@gmail.com
    Trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

      Delete
  68. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  69. minta pass nya mba ? muhammadsyahputra498@yahoo.co.id
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

      Delete
  70. kalo berkenan boleh minta Password RAR di Yusuf.ricky46@gmail.com .terimakasih

    ReplyDelete
  71. Minta Password RARnya Mbak Nana
    rimawan.arif@gmail.com
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  72. ^^ terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

    ReplyDelete
  73. minta passwordnya ya mbak. rony.aulia.rahman@gmail.com
    Trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

      Delete
  74. mba minta passwordnya ya.. trisnofardyanto@gmail.com

    ReplyDelete
  75. permisi, kalau boleh minta passwordnya mba? alamatnya faizal.azies@yahoo.com

    ReplyDelete
  76. Permisi mbak saya boleh minta passwordnya? Ini almt email saya wild.nugraha@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  77. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

    ReplyDelete
  78. mbak saya boleh minta passwordnya? kirim ke email saya sideprast@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

      Delete
  79. Boelh Minta Passwod nya
    yudibudiman15@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. mnta pass nya mbak
      dedeandryan@gmail.com

      Delete
  80. boLeh minta password nya kak....
    ayukurniawati18@gmail.com

    ReplyDelete
  81. ^^ terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

    ReplyDelete
  82. Mbak minta password nya dong ..
    oryzaindo@gmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

      Delete
  83. saya minta form ganti password nya dong mba..
    bagus.azhari@gmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

      Delete
  84. Assalamu'allaikum mbak tolg krm passnya ke vietha.ayu91@gmail.com
    matur nuwun

    ReplyDelete
  85. minta passwordnya dong, kirim ke juliantwo@gmail.com

    ReplyDelete
  86. mbak minta pass nya ke agoes.kra@gmail.com

    ReplyDelete
  87. Mba minta passwordnya loureflo02@gmail.com

    ReplyDelete
  88. bjazza@gmail.com
    Kirim ya mba..plis

    ReplyDelete
  89. all : terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

    ReplyDelete
  90. risalnur3@gmail.com
    minta passnya mbak :)

    ReplyDelete
  91. risalnur3@gmail.com
    minta passnya mbak :)

    ReplyDelete
  92. password tolong di kirim di email elindahdwi@gmail.com
    makasih

    ReplyDelete
  93. minta password dong!..... di kirim di email ekotoshiro2002@gmail.com
    matur thankyou....

    ReplyDelete
  94. all : terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

    ReplyDelete
  95. pass mbk boythama@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

      Delete
  96. Minta Pass nya teh... ataya1st@gmail.com..
    Terimakasih... Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

      Delete
  97. Passwordnya ...?

    restuinbox@gmail.com

    Terima kasih

    ReplyDelete
  98. mbak aku mau donk passwordnya kirim ke email aku ya... susilawati111193@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  99. ^^ terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

    ReplyDelete
  100. Passwordnya aku mau dong mbak please ya😀
    Sintyadevitya@gmail.com

    ReplyDelete
  101. Maaf Boleh Minta Passwornya!!!
    domingos.d.c.belo@gmail.com

    ReplyDelete
  102. maaf boleh minta passwordnya mas... nuhun'
    dwi8891@gmail.com

    ReplyDelete
  103. ^^ terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

    ReplyDelete
  104. kalo boleh minta paswordnya mbak :D to febriansyah.ramadhana.p@gmail.com
    buat belajar n referensi mbak, maaf sebelumnya ya

    ReplyDelete
  105. duuuh.. semoga menjadi ilmu yang bermanfaat dan berkah..
    kalau boleh tolong mbak kirim pass rar nya :
    syafrizan.chan@yahoo.com

    ReplyDelete
  106. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  107. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  108. Boleh berbagi ilmunya mba?? Kalo boleh tolong kirimin passwordnya ya mba.. bayu.andriyana@gmail.com
    Semoga ilmunya bermanfaat.. Terima kasih

    ReplyDelete
  109. Boleh berbagi ilmunya mba?? Kalo boleh tolong kirimin passwordnya ya mba.. bayu.andriyana@gmail.com
    Semoga ilmunya bermanfaat.. Terima kasih

    ReplyDelete
  110. all : terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

    ReplyDelete
  111. ass mba boleh minta passnya ?? kalo boleh tolong kirim ke gmail simplep101@gmail.com . Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

      Delete
  112. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  113. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

    ReplyDelete
  114. Minta passwordnya dong kak irna..terimakasih
    vauzydragneel@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

      Delete
  115. minta passnya mbak buat belajar kuliah
    dewataoscar@gmail.com

    ReplyDelete
  116. Kirim passwordnya ya mbk, ke: robcoir.1t@gmail.com
    Makasih...

    ReplyDelete
  117. Kirim passwordnya ya mbk, ke: robcoir.1t@gmail.com
    Makasih...

    ReplyDelete
  118. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  119. maaf ya slow respon.. untuk fast respon hubungi kami di WA/BBM ada di menu Hubungi Kami

    ReplyDelete
  120. mba bagi pssword dong nurulazizah060.na@gmail.com

    ReplyDelete
  121. mba boleh minta passwordnya hendriana79@yahoo.co.id
    Makasih...

    ReplyDelete
  122. Minta passwordnya mba. Tolong ya mba buat refrensi tugas kuliah. Ini email sya ahmadhendra702@gmail.com makasih

    ReplyDelete
  123. minta password source code nya mbak ? kirim ke sini riofachrudin1928@gmail.com .
    .
    Trima kasih

    ReplyDelete
  124. all : terimakasih atas kunjungannya.. sudah saya balas, silahkan cek email

    ReplyDelete
    Replies
    1. altundrinwahyuu@gmail.com mbak boleh minta source code nya

      Delete
  125. mbak saya boleh minta password rar nya ? kirim ke rikitaufik99@gmail.com

    Thx mbak

    ReplyDelete
  126. embak aku boleh minta password rar nya? menco17@gmail.com makasih embak

    ReplyDelete
  127. mba boleh minta pass rar y? aprianti.aping@gmail.com trimakasih mba

    ReplyDelete
  128. Minta pass rar nya mba
    annisaravi14@gmail.com

    ReplyDelete
  129. mba, boleh minta password nya abiumi19@gmail.com terimakasih banyak

    ReplyDelete
  130. mbak irna wati boleh minta password rar-nya?
    ini email saya : aldobbn34@gmail.com

    Terimakasih

    ReplyDelete
  131. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  132. mba saya mw paswordnya ke willyaprilian57@gmail.com

    ReplyDelete
  133. send passwornya mba
    imanbudimanofficial@gmail.com

    ReplyDelete
  134. mbak, linknya kok udah diblokir y?
    kalo boleh tolong kirim ke email saya mbak neriyan46@gmail.com. soalnya buat tugas akhir saya.
    terimakasih mbak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial atau Cara Menambahkan Palette yang Belum Tersedia di Netbeans

Ini juga gak kalah mudahnya, tapi semoga bermanfaat karena berbagi itu gak ada yang sia-sia. (yang di praktekkan menambahkan palette jDateTimePicker. Berikut langkah-langkahnya : 1.      Pada menu bar Tools pilih Palette > pilih Swing/AWT Components. 2.        Setelah muncul tampilan seperti dibawah klik Add From Jar. 3.        Cari file Calendar.jar yang sudah anda download/simpan, jika belum punya silahkan temen2 download dulu di >> Download Kemudian klik Next. 4.        Pilih Available Components JDateTimePicker, Kemudian klik Next. 5.        Pilih palette categories tempat untuk menyimpan hasil penambahan palette jDateTimePicker nya, disini saya pilih Swing Controls Klik Finish. Form yang masih terbuka close saja.  6.        Cek di palette Swing Controls, jika berhasil maka palette jDateTimePicker akan muncul seperti pada gambar dibawah : 7.        Untuk peenggunaannya ya seperti palette yang lain, tinggal klik kemu

Contoh Normalisasi, Relasi Antar Tabel, Kamus Data dan Pembuatan Database Sistem Informasi Klinik atau Rumah Sakit

Assalamu'alaikum... Mencoba berbagi lagi sambil nunggu waktu buka puasa, irna pengen bahas tentang bagaimana merancang sistem (analisys system) pembuatan sebuah Sistem Informasi Klinik atau bisa juga Rumah Sakit tapi dalam lingkup kecil. Yang mau irna bahas disini dari pembuatan Normalisasi, Relasi Antar Tabel, Kamus Data dan Pembuatan Database Sistem Informasinya. Pembahasan sebelumnya tentang Contoh Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Klinik atau Rumah Sakit (Diagram Konteks, DFD/DAD, Flowchart System) sudah irna posting lebih dulu kok tinggal klik aja link nya tapi jangan lupa Skip Add yah tunggu 5 detik ajah hehee... Yupzt berikut hasil screen shoot gambar-gambarnya untuk normalisasi sampai kamus data nya : >> Bentuk Tidak Normal (Unnormal) : >> Bentuk Normal Pertama : >> Bentuk Normal kedua : >> Bentuk Normal Ketiga : >> Relasi Antar Tabel : >> Kamus Data : Tabel 4. 1 Pengguna No Fie

Tutorial Membuat Penomoran Otomatis atau Auto Number Java Netbeans

Membuat penomoran otomatis atau auto number, Yaitu ketika form ditampilkan, selesai menyimpan data, edit data, hapus data dan membatalkan penginputan kode/id/nomor akan muncul secara otomatis dan urut melanjutkan kode yang sudah diinputkan. Berikut cara pembuatannya :       1. Tentunya buka dahulu project Anda masing-masing hehee… kemudian masuk ke Tab menu Project Anda dan buatlah Source Package baru dengan cara klik kanan Source Package pada projeck Anda> pilih New > pilih Java Package.. seperti pada gambar, Isikan Package Name sesuai keinginan Anda, kalau punya saya medical.classJava (medical = nama project) hehee… Klik Finish.       2.    Kemudian buatlah sebuah Java Class di dalam Source Package yang baru saja dibuat tadi. Caranya seperti biasa klik kanan > pilih New > pilih Java Class.. Setelah muncul form , berikan nama Validasi pada Class Namenya. Kemudian klik Finish.       3. Setelah muncul Validasi.java di bawah coding p