Skip to main content

Artikel Website Panti Asuhan

Artikel Website Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan Kulon Progo

Sistem informasi dan teknologi telah menjadi komponen yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis dan organisasi. Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini, menuntut semua organisasi untuk menerapkan teknologi dalam setiap aktifitas organisasi, sehingga manfaat teknologi dapat langsung dirasakan.
Panti asuhan merupakan salah satu lembaga sosial yang keberadaannya sangat membantu anak-anak yatim piatu maupun anak yang kurang mampu. Sebagai salah satu wadah atau tempat anak-anak yatim piatu dan anak yang kurang mampu menjadi satu, berkembang sesuai fase pertumbuhannya, perlu pemenuhan kebutuhan akan teknologi informasi sehingga anak-anak tersebut tidak ketinggalan zaman.
Panti asuhan Nanggulan Kulon Progo merupakan salah satu panti asuhan yang sampai saat ini belum memiliki website resmi, sehingga keberadaanya hanya diketahui oleh orang-orang tertentu saja. Seringkali berbagai macam kegiatan di Panti asuhan tersebut tidak dapat terpublikasikan dengan baik. Sementara akses internet dapat diperoleh dengan mudah, dengan semakin terjangkaunya harga modem dengan kemudahan penggunaan dan tarif yang kompetitif.
Membuat sebuah website resmi untuk Panti asuhan Nanggulan Kulon Progo dirasa sangat penting agar keberadaan Panti diketahui masyarakat luas, dan kegiatan-kegiatan di Panti tersebut terpublikasi dengan baik, cepat, dan memberikan inspirasi bagi panti asuhan lain maupun masyarakat luas. Website tersebut diharapkan juga dapat memberikan informasi yang berkaitan dengan Panti asuhan dengan cepat dan mudah.
                        Website Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan Kulon Progo hanya menampilkan daftar donatur dan tidak mengolah keuangan donator. Pendaftaran online santri baru melalui website akan direspon menggunakan e-mail atau sms dengan telepon seluler bukan sms gateway. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah terealisasikannya pembuatan website resmi Panti asuhan Nanggulan Kulon progo yang menarik dan interaktif sebagai media informasi.
Proses didapatkan proyek Website Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan ini dimulai dengan mendatangi langsung lokasi proyeknya di Dusun Grubug RT. 27 RW. 10, Desa Jatisarono, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Kota Yogyakarta. Kerjasama proyek didapat melalui Ketua Proyek dan Programmer melakukan metode penelitian dengan Pengelola/Pimpinan Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan, metode penelitian yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dalam laporan website panti asuhan muhammadiyah nanggulan kulon progo ini membahas :
1.      Pengertian komputer
Komputer sebagai alat elektronik yang mampu melaksanakan beberapa tugas, yaitu menerima input memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah dn hasil dari pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. (Sutanta, 2011)
2.      Pengertian data
Menurut Zulkifli Amsyah (1987) data adalah fakta yang sudah ditulis dalam bentuk catatan atau direkam dalam berbagai bentuk media.
3.      Sistem
Suatu sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.
4.      Informasi
Informasi adalah hasil analisis dan sintesis terhadap data yang telah diorganisasikan ke dalam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan seseorang, baik itu manager, staf ataupun orang lain didalam suatu organisasi atau perusahaan (Kadir, 1999).
5.      Sistem informasi
Sistem informasi adalah suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen-komponen dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan informasi (Al-Bahra Bin Ladjamudin,  2005).
6.      Perancangan sistem
Analisis perancangan sistem adalah suatu pendekatan yang sistematis untuk  mengidentifikasi  masalah,  peluang,  dan  tujuan-tujuan,  menganalisis  arus informasi  dalam  organisasi,  serta  untuk  merancang  sistem  informasi terkomputerisasi untuk menyelesaikan suatu masalah.
7.      Pengertian internetInternet adalah metode untuk menghubungkan berbagai komputer ke dalam  satu jaringan komputer global, melalui protokol yang disebut Transmission Control Protocol/ Internet Protocol  (TCP/IP). 

8.      Pengertian website
Website adalah media publikasi elektronik yang terdiri dari halaman-halaman web (web page) yang terhubung satu dengan yang lain menggunakan link yang dilekatkan pada suatu teks atau image.
9.      HTML dan PHP
HTML singkatan dari Hypertext Markup Language. Disebut dengan markup language karena HTML berfungsi untuk memperindah file tulisan (text) biasa untuk dapat dilihat pada web browser-web browser yang ada.
PHP:  Hypertext  Preprocessor adalah  bahasa  skrip  yang  dapat di tanamkan  atau  disisipkan  ke  dalam  HTML.  PHP  banyak  dipakai  untuk memrogram  situs  web  dinamis. 
10.  MySQL
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa  Inggris:  database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan  sekitar  6 (enam)  juta  instalasi di seluruh  dunia.
11.  Wamp
Wamp adalah sebuah aplikasi yang dapat menjadikan komputer kita menjadi sebuah server. Kegunaan wamp server ini untuk membuat jaringan local sendiri, dalam artian kita dapat membuat website secara offline untuk masa coba-coba di komputer sendiri.
12.  Macromedia Dreamweaver
Dreamweaver merupakan editor HTML yang profesional untuk mendesain, menulis kode program, dan mengembangkan website, halaman web, dan aplikasi web. Dalam pengerjaannya, Dreamweaver memberikan 3 (tiga) pilihan yaitu bekerja dengan menulis kode program (Menu Code), dengan pengeditan secara visual (Mode Design) dan dengan tampilan keduanya (Mode Split). Dreamweaver juga menyediakan alat-alat bantu untuk mengembangkan kreativitas pembuatan web.
Untuk analisa dan perancangan sistemnya berisi :
1.      Perancangan tampilan
Aplikasi web pada Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan Yogyakarta bisa diakses menjadi dua jenis user, yaitu : pengunjung secara umum dan administrator. Rancangan tampilan halaman berdasarkan user yang akan mengaksesnya.
2.      Perancangan basis data
Pada perancangan basis data diawali dengan normalisasi pertama sampai ke tiga. Kemudian membentuk relasi antar table dan pembuatan kamus data.
3.      Diagram Alir Data (DAD)
Diagram Alir Data (DAD) menggambarkan proses-proses yang terjadi beserta alir data pada Website Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan Kulon Progo yang terdiri dari Diagram Kontek, DAD level 0, DAD Level 1 input data, DAD Level 1 proses dan DAD Level 1 output data.
untuk file lengkapnya silahkan Download

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial atau Cara Menambahkan Palette yang Belum Tersedia di Netbeans

Ini juga gak kalah mudahnya, tapi semoga bermanfaat karena berbagi itu gak ada yang sia-sia. (yang di praktekkan menambahkan palette jDateTimePicker. Berikut langkah-langkahnya : 1.      Pada menu bar Tools pilih Palette > pilih Swing/AWT Components. 2.        Setelah muncul tampilan seperti dibawah klik Add From Jar. 3.        Cari file Calendar.jar yang sudah anda download/simpan, jika belum punya silahkan temen2 download dulu di >> Download Kemudian klik Next. 4.        Pilih Available Components JDateTimePicker, Kemudian klik Next. 5.        Pilih palette categories tempat untuk menyimpan hasil penambahan palette jDateTimePicker nya, disini saya pilih Swing Controls Klik Finish. Form yang masih terbuka close saja.  6.        Cek di palette Swing Controls, jika berhasil maka palette jDateTimePicker akan muncul seperti pada gambar dibawah : 7.        Untuk peenggunaannya ya seperti palette yang lain, tinggal klik kemu

Contoh Normalisasi, Relasi Antar Tabel, Kamus Data dan Pembuatan Database Sistem Informasi Klinik atau Rumah Sakit

Assalamu'alaikum... Mencoba berbagi lagi sambil nunggu waktu buka puasa, irna pengen bahas tentang bagaimana merancang sistem (analisys system) pembuatan sebuah Sistem Informasi Klinik atau bisa juga Rumah Sakit tapi dalam lingkup kecil. Yang mau irna bahas disini dari pembuatan Normalisasi, Relasi Antar Tabel, Kamus Data dan Pembuatan Database Sistem Informasinya. Pembahasan sebelumnya tentang Contoh Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Klinik atau Rumah Sakit (Diagram Konteks, DFD/DAD, Flowchart System) sudah irna posting lebih dulu kok tinggal klik aja link nya tapi jangan lupa Skip Add yah tunggu 5 detik ajah hehee... Yupzt berikut hasil screen shoot gambar-gambarnya untuk normalisasi sampai kamus data nya : >> Bentuk Tidak Normal (Unnormal) : >> Bentuk Normal Pertama : >> Bentuk Normal kedua : >> Bentuk Normal Ketiga : >> Relasi Antar Tabel : >> Kamus Data : Tabel 4. 1 Pengguna No Fie

Tutorial Membuat Penomoran Otomatis atau Auto Number Java Netbeans

Membuat penomoran otomatis atau auto number, Yaitu ketika form ditampilkan, selesai menyimpan data, edit data, hapus data dan membatalkan penginputan kode/id/nomor akan muncul secara otomatis dan urut melanjutkan kode yang sudah diinputkan. Berikut cara pembuatannya :       1. Tentunya buka dahulu project Anda masing-masing hehee… kemudian masuk ke Tab menu Project Anda dan buatlah Source Package baru dengan cara klik kanan Source Package pada projeck Anda> pilih New > pilih Java Package.. seperti pada gambar, Isikan Package Name sesuai keinginan Anda, kalau punya saya medical.classJava (medical = nama project) hehee… Klik Finish.       2.    Kemudian buatlah sebuah Java Class di dalam Source Package yang baru saja dibuat tadi. Caranya seperti biasa klik kanan > pilih New > pilih Java Class.. Setelah muncul form , berikan nama Validasi pada Class Namenya. Kemudian klik Finish.       3. Setelah muncul Validasi.java di bawah coding p