Skip to main content

Source Code Sederhana dan Tutorial Dasar Penghitungan Denda Peminjaman Buku Perpustakaan Menggunakan Java NetBeans


Assalamu'alaikum.. sore ini irna mencoba sharing lagi mengenai pemrograman Java Dekstop. berawal dari ada pengunjung blog yang mencoba request tutorial ini juga sih hehee..
Sebelum masuk ke dalam langkah-langkah dan penjelasan codingnya persiapkan dahulu semua kebutuhan atau project yang akan atau sudah Anda buat. Teorinya anggota perpustakaan wajib membayar denda jika pengembalian bukunya lebih dari 7 hari dari tanggal peminjaman dan jumlah denda per harinya sesuai keinginan user/petugas dengan menginputkan manual karena pada setiap perpustakaan denda per hari berbeda-beda. Dalam tutorial ini menggunakan bahasa pemrograman Java yang diimplementasikan menggunakan NetBeans IDE. Langsung ke langkah-langkah penjelasan pembuatannya.
1.      Buat dahulu databasenya sesuai kebutuhan masing-masing, dalam project ini berikut struktur table nya,

Keterangan :
-          Nama database      : coba
-          Nama table            : kembali

2.      Dalam project yang irna praktekkan design dan keterangan tampilan sebagai berikut :

Keterangan design :
-          Nama anggota       : nama anggota perpustakaan yang meminjam buku
-          Nama buku           : nama buku yang dipinjam
-          Tgl pinjam             : tanggal peminjaman buku
-          Tgl kembali           : tanggal pengembalian buku
-          Denda /hari           : harga denda keterlambatan pengembalian buku per hari dalam nominal rupiah

Keterangan nama variable :
-          Textfield nama anggota           : txtNmAng
-          Textfield nama buku               : txtNmBuku
-          Textfield denda /hari               : txtDenda
-          dateTimePicker tgl pinjam       : dtpTglPinjam
-          dateTimePicker tgl kembali     : dtpTglKembali
-          Table                                     : jTableKembali
-          Button Simpan                       : jButtonSimpan
-          Button Edit                            : jButtonEdit
-          Button Delete                        : jButtonDel
-          Button Baru                          : jButtonBaru

3.      Setelah design dipersiapkan, kita mulai mengkoding tombol Simpan untuk menyimpan data pengembalian buku, menghitung jumlah hari keterlambatan dan menghitung denda secara otomatis ketikka menekan/meng-klik tombol Simpan. Untuk memulai codingnya tentunya teman-teman sudah pandai ya dengan cara klik kanan buttonnya kemudian Pilih Action lalu pilih kembali Action Performed. Setelah itu ketikkan code berikut atau jika perintah codenya berbeda, silahkan temen-temen sesuaikan sendiri untuk code penghitungan hari keterlambatan dan dendanya dengan memahami keterangan kode dibawah gambar screen shoot code :

Keterangan code program :
-       Angka 259-264 : code untuk menampilkan peringatan atau pemberitahuan bahwa semua textfield harus diisi atau tidak boleh kosong
-          Angka 267   : code untuk mengkoneksikan ke database
-          Angka 268-269 dan 278-279 : code untuk mengubah format tanggal
-          Angka 271-276 : code untuk menjalankan perintah menyimpanan data yang diinputkan ke database
-          Angka 280 : code untuk memanggil method tampil() yang digunakan untuk menampilkan data yang sudah berhasil disimpan ke table
-          Angka 281 : code untuk memanggil method emptTeks() yang digunakan untuk mengkosongkan semua textfield

Sepertinya kurang jelas ya untuk penjelaan penghitungan jumlah keterlambatan hari dan penghitungan dendanya. Oke deh irna coba menjelaskan lebih detail lagi. Berikut code lebih spesifiknya.

Keterangan penghitungan jumlah hari keterlambatan dan jumlah denda yang harus dibayarkan :
-          Code dengan lingkaran merah : code untuk menghitung jumlah hari keterlambatan dengan menghitung dahulu selisih tanggal peminjaman dan pengembalian buku kemudian dikurangi 7 (jumlah hari maksimal peminjaman buku) sehingga jika peminjaman lebih dari 7 hari maka anggota perpustakaan yang meminjam buku tersebut terkena denda.
-          Code dengan lingkaran biru : code untuk menghitung berapa rupiah yang harus dibayarkan anggota yang mendapatkan denda dengan menghitung jumlah denda per hari yang diinputkan dikalikan dengan jumlah hari keterlambatan peminjaman buku.

4.      Setelah mencoba codingnya silahkan temen-temen coba jalankan programnya, berikut hasil screen shoot testing programnya.
-          Memasukkan data dan memilih tanggal.

-          Perhatikan isi tabelnya baru terisi 4 data, kemudian klik tombol Simpan dan hasilnya isi table bertambah satu data sehingga menjadi 5 data. Dalam table tersebut terdiri dari 6 kolom atau field yaitu Nama anggota, nama buku, tanggal pinjam dan tanggal kembali yang sesuai dengan data yang diinputkan dan data tanggal yang dipilih, sedangkan untuk kolom atau field jml keterlambatan dan total denda terisi otomatis dari hasil penghiitungan code program yang sudah klita bahas sebelumnya.


Sekian tutorial yang bias irna sampaikan, semoga bermanfaat. Untuk mendapatkan source code program lengkapnya dari proses login multi user sampai ke pengkodingan tombol Edit, Delete dan tombol Baru silahkan download Source code dan databasenya di Download Source Code dan jika menginginkan e-book tutorialnya juga silahkan download di Download e-Book . Jika tutorial ini bermanfaat bagi temen-temen yang membacanya boleh ya tinggalkan komentarnya biar irna tambah semangat posting tutorial-tutorial lainnya, terimakasih..
Wassalamu'alaium.. dan Happy Coding :D

NB : karena ini merupakan tutorial yang irna buat sendiri pasti banyak kekurangan dan kesalahannya, untuk itu dimohon kritik dan sarannya di kolom komentar. Buat temen-temen yang ingin copy paste tutorial ini juga silahkan tapi sertakan link sumbernya ini ya terimakasih..

Comments

  1. tolong tutorial membuat buku tamu dong mbk? trus cara biar bisa jadi aplikasi dekstop
    maaf... maklum masih awam pengen belajar :O

    ReplyDelete
  2. makasih ya, membantu banget :)

    ReplyDelete
  3. mau full file nya dong buat referensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah itu udah full mas. soalnya untuk pembuatan tutornya emg cm seperti itu

      Delete
  4. thank's sangat membantu dan mudah dimengerti . .

    ReplyDelete
  5. ko mba waktu di download error ya ??

    ReplyDelete
  6. mba tolong buatin tutorial menghitung denda dengan menggunakan php narative

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. kok tidak bisa di buka ya link nya ?

    ReplyDelete
  9. Gabisa di download nih linknya

    ReplyDelete
  10. engga bisa di download kak, linknya di blok

    ReplyDelete
  11. kak, kirim ebook nya ke email saya kaka, : bambangsaifudin74@gmail.com
    untuk belajar masih kuliah kak...

    ReplyDelete
  12. gk bisa di download mbak source codenya

    ReplyDelete
  13. Maaf mba apakah saya bisa minta kontaknya ? Ingin menanyakan perihal source ini karna saya ada masalah dibagian form ini. Apabila bersedia bisa tolong dm ke instagram saya : alfihdytllh

    ReplyDelete
  14. Kok gak bisa di download source code nya ?

    ReplyDelete
  15. Hei kamu masih aktif tidak akun ini? soalnya source code nggak bisa di download

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial atau Cara Menambahkan Palette yang Belum Tersedia di Netbeans

Ini juga gak kalah mudahnya, tapi semoga bermanfaat karena berbagi itu gak ada yang sia-sia. (yang di praktekkan menambahkan palette jDateTimePicker. Berikut langkah-langkahnya : 1.      Pada menu bar Tools pilih Palette > pilih Swing/AWT Components. 2.        Setelah muncul tampilan seperti dibawah klik Add From Jar. 3.        Cari file Calendar.jar yang sudah anda download/simpan, jika belum punya silahkan temen2 download dulu di >> Download Kemudian klik Next. 4.        Pilih Available Components JDateTimePicker, Kemudian klik Next. 5.        Pilih palette categories tempat untuk menyimpan hasil penambahan palette jDateTimePicker nya, disini saya pilih Swing Controls Klik Finish. Form yang masih terbuka close saja.  6.        Cek di palette Swing Controls, jika berhasil maka palette jDateTimePicker akan muncul seperti pada gambar dibawah : 7.        Untuk peenggunaannya ya seperti palette yang lain, tinggal klik kemu

Contoh Normalisasi, Relasi Antar Tabel, Kamus Data dan Pembuatan Database Sistem Informasi Klinik atau Rumah Sakit

Assalamu'alaikum... Mencoba berbagi lagi sambil nunggu waktu buka puasa, irna pengen bahas tentang bagaimana merancang sistem (analisys system) pembuatan sebuah Sistem Informasi Klinik atau bisa juga Rumah Sakit tapi dalam lingkup kecil. Yang mau irna bahas disini dari pembuatan Normalisasi, Relasi Antar Tabel, Kamus Data dan Pembuatan Database Sistem Informasinya. Pembahasan sebelumnya tentang Contoh Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Klinik atau Rumah Sakit (Diagram Konteks, DFD/DAD, Flowchart System) sudah irna posting lebih dulu kok tinggal klik aja link nya tapi jangan lupa Skip Add yah tunggu 5 detik ajah hehee... Yupzt berikut hasil screen shoot gambar-gambarnya untuk normalisasi sampai kamus data nya : >> Bentuk Tidak Normal (Unnormal) : >> Bentuk Normal Pertama : >> Bentuk Normal kedua : >> Bentuk Normal Ketiga : >> Relasi Antar Tabel : >> Kamus Data : Tabel 4. 1 Pengguna No Fie

Tutorial Membuat Penomoran Otomatis atau Auto Number Java Netbeans

Membuat penomoran otomatis atau auto number, Yaitu ketika form ditampilkan, selesai menyimpan data, edit data, hapus data dan membatalkan penginputan kode/id/nomor akan muncul secara otomatis dan urut melanjutkan kode yang sudah diinputkan. Berikut cara pembuatannya :       1. Tentunya buka dahulu project Anda masing-masing hehee… kemudian masuk ke Tab menu Project Anda dan buatlah Source Package baru dengan cara klik kanan Source Package pada projeck Anda> pilih New > pilih Java Package.. seperti pada gambar, Isikan Package Name sesuai keinginan Anda, kalau punya saya medical.classJava (medical = nama project) hehee… Klik Finish.       2.    Kemudian buatlah sebuah Java Class di dalam Source Package yang baru saja dibuat tadi. Caranya seperti biasa klik kanan > pilih New > pilih Java Class.. Setelah muncul form , berikan nama Validasi pada Class Namenya. Kemudian klik Finish.       3. Setelah muncul Validasi.java di bawah coding p