Skip to main content

Pengalaman Menggeluti Dunia TI (Teknologi Informasi) Sebagai Perempuan

Assalamu'alaikum.
Dunia Teknologi Informasi menurut pendapat saya merupakan dunia dimana segala sesuatu terbantu, terasa lebih mudah dan efisien. Beberapa orang mungkin masih menganggap bahwa Teknologi Informasi hanya berupa komputer tetapi tidak, bisa berupa alat elektronik lainnya seperti Hand Phone dan alat elektronik rumah tangga lainnya. Bagi saya, dunia Teknologi Informasi sebagai sarana untuk mengembangkan, membagikan dan mengamalkan ilmu Teknologi Informasi yang sudah saya dapatkan. Dunia Teknologi Informasi biasanya identik dengan dunianya laki-laki, terlebih sudah masuk ke lingkup dunia kerja. Jika dalam lingkup dunia pendidikan atau perkuliahan mungkin masih banyak perempuan yang menempuh pendidikan Teknologi Informasi. 

Pengalaman saya dalam dunia Teknologi Informasi berawal dari ketika saya salah persepsi, intinya salah masuk jurusan. Dimana saya berasal dari SMK Negeri 1 Pengasih (Yogyakarta) jurusan Busana Butik yang diberi mata pelajaran mulai membuat pakaian dari design, membuat pola, memilih bahan/kain, menjahit dan lain-lain. Karena saya tertarik dengan dunia design pakaian/baju yang menggunakan komputer dengan software Corel Draw saya berfikir ketika lulus SMK ingin kuliah jurusan ilmu komputer agar lebih pandai dalam mendesign pakaian/baju, padahal kalua hanya ingin bisa mendesign dengan kursus pun bisa dan lebih fokus di ilmu design. Pada saat itu saya mencoba mendaftar di universitas negeri di Yogyakarta melalui jalur SNMPTN jalur undangan dan tes tertulis, tetapi saya tidak lolos melalui dua jalur tersebut. Kemudian saya ditawarkan untuk kuliah di STMIK El Rahma Yogyakarta oleh pengurus Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan (Yogyakarta) dimana jika saya setuju dan mengambil kesempatan itu saya bisa mendapatkan kesempatan beasiswa hanya dengan membayar Rp. 2.500.000,- sudah bisa masuk kuliah dan ikut perkuliahan sampai lulus kuliah dengan syarat IP minimal 3. Siapa yang tidak menginginkan beasiswa itu?? Hanya dengan 2,5 juta sudah mendapat pendidikan sampai lulus kuliah. Kemudian saya ambil cepat kesempatan itu, dan alhamdulillah kesempatan itu saya dapatkan. 

Saya mengambil jurusan S1 Sistem Informasi pada saat itu, kemudian karena untuk tetap mendapatkan beasiswa tersebut saya berusaha belajar giat demi mempertahankan IP diatas 3. Jujur, selama kuliah semester 1 sampai dengan 3 saya hanya mementingkan nilai sehingga saya belajar pun hanya untuk nilai itu karena yang saya inginkan hanya ingin bisa mendesign saja. Tetapi ketika masuk semester 4 saya mulai menyukai ilmu komputer dan dunia teknologi informasi yang sesungguhnya. Belajar pemrograman berasa lebih menyenangkan, terlebih untuk belajar Bahasa pemrograman java, dan di semester 4 sampai semester 6 pada mata kuliah pemrograman java saya dipertemukan dengan dosen saya yang bernama bapak Windiarto Nugroho, S.Kom. Beliau benar-benar mengajarkan ilmu yang beliau miliki kepada kami sehingga kami mahasiswanya dibimbing dari 0 dimana kami tidak tahu apa-apa sampai bisa membuat aplikasi atau sistem yang bisa dimanfaatkan di dunia teknologi informasi bagi orang-orang atau instansi yang membutuhkan. Beliau juga mengajarkan kami kedisiplinan dengan memberikan tugas mata kuliah yang bagi kami tugas-tugas itu sangat susah untuk dikerjakan dan membutuhkan waktu yang banyak. Bagaimana tidak? Kami mendapatkan tugas disetiap 1 minggu sekali harus selesai, tugas itu membuat aplikasi kemudian harus disertakan tutorial pembuatan aplikasi tersebut berupa file atau e-book dan video tutorial yang diupload di youtube. Kalau dalam satu minggu hanya mendapat satu tugas dari mata kuliah tersebut saja mungkin tidak merasa berat, tetapi karena dari mata kuliah lainnya juga mendapat tugas jadi terasa berat dan susah. Hingga pada suatu saat dari file e-book tutorial yang saya beserta 2 teman saya lainnya itu dicoba dimasukkan ke penerbit di Yogyakarta oleh beliau dan ternyata bisa diterbitkan menjadi buku dengan judul “PembuatanSoftware Rekam Medis dengan Java NetBeans + MySQL”. Kemudian e-book tutorial yang saya tulis lainnya juga dimasukkan ke penerbit di Jakarta sehingga terbit buku yang kedua dengan judul “Pengenalan Dasar Perancangan, Desain & PembuatanSistem Informasi Rekam Medis Pada Klinik Rawat Jalan (Diimplementasikandengan Java Netbeans)”. Berasa lebih bermanfaat 2 kali lipat selain mendapat nilai mata kuliah yang bersangkutan juga bisa menghasilkan uang dari hasil royalti penerbitan buku tersebut. Selain itu, buku-buku tersebut juga menjadi manfaat buat orang lain yang membutuhkan sebagai sarana belajar.

Selama kuliah saya juga mengembangkan blog ini dengan memposting tugas kuliah dan tutorial-tutorial pemrograman khususnya pemrograman java sehingga ketika saya sendiri lupa akan code nya bisa membuka lagi catatannya di blog ini. Kemudian semakin lama blog ini berkembang semakin banyak dari teman-teman kuliah sampai dari mahasiswa dari kampus lainnya serta para programmer yang membutuhkan tutorial ini berlangganan mengunjungi blog saya ini. Ketika saya menjalani skripsi saya juga sembari mencoba menulis lagi sehingga menjadikan terbit buku yang ketiga dengan judul “PEMROGRAMAN JAVA WEB (JSP, JSTL &SERVLET) tentang Pembuatan Sistem Informasi Klinik Diimplementasikan denganNetbeans IDE 7.2 dan MySQL”.

Saya kuliah dari tahun 2011 dan wisuda S1 pada bulan Oktober 2015. Setelah lulus sembari melamar dan menunggu panggilan kerja saya bekerja sebagai Freelance Programmer, dari blog ini juga saya menawarkan dan menerima jasa pembuatan aplikasi atau sistem informasi dan juga membuka kursus (private) khusus pemrograman java untuk daerah Yogyakarta. Pada bulan februari 2016 saya mendapatkan panggilan kerja di KAP MMA di Yogyakarta sebagai Staff IT sampai sekarang, tetapi sebagai Freelance Programmer dan menerima kursus juga tetap berjalan sampai sekarang. Software yang sudah saya buat dari selama kuliah sampai sekarang diantaranya Sistem Informasi Perpustakaan, Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam, Sistem Informasi Manajemen Klinik, Software Rekam Medis, Aplikasi Reservasi Hotel, Sistem Informasi Poliklinik, Aplikasi Reservasi Homestay Di Jogja, Sistem Informasi Pemerintahan Desa, Aplikasi Presensi Guru dan Karyawan, Aplikasi Manajemen Proyek dan juga pernah membuat web e-commerce.

Buat teman-teman khususnya yang perempuan sebenarnya mudah untuk kita berkarya, bekerja dan bermanfaat buat orang lain dalam bidang apapun asalkan kita berusaha dan belajar menekuninya dengan giat. Begitulah pengalaman singkat saya dalam dunia Teknologi Informasi sebagai perempuan khususnya dalam bidang pembuatan Sistem Informasi atau Aplikasi untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam bidang pengolahan data atau biasa disebut dengan terkomputerisasi. 
Terimakasih untuk semuanya yang sudah membawa dan membimbing saya dalam dunia Teknologi Informasi.

Wassalamu'alaikum. 

By. Irnawati (www.goresantintairna.com).

Comments

  1. Tetap semangat mbak berkiprah di dunia TI. Jarang ada wanita yang menggeluti bidang ini seniat mbak. Semoga dengan dunia TI yg kian berkembang, hasil karya mbak bisa semakin banyak lagi. Aamiin. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. makasih doa nya.. semoga begitu jg dg kamu ya..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial atau Cara Menambahkan Palette yang Belum Tersedia di Netbeans

Ini juga gak kalah mudahnya, tapi semoga bermanfaat karena berbagi itu gak ada yang sia-sia. (yang di praktekkan menambahkan palette jDateTimePicker. Berikut langkah-langkahnya : 1.      Pada menu bar Tools pilih Palette > pilih Swing/AWT Components. 2.        Setelah muncul tampilan seperti dibawah klik Add From Jar. 3.        Cari file Calendar.jar yang sudah anda download/simpan, jika belum punya silahkan temen2 download dulu di >> Download Kemudian klik Next. 4.        Pilih Available Components JDateTimePicker, Kemudian klik Next. 5.        Pilih palette categories tempat untuk menyimpan hasil penambahan palette jDateTimePicker nya, disini saya pilih Swing Controls Klik Finish. Form yang masih terbuka close saja.  6.        Cek di palette Swing Controls, jika berhasil maka palette jDateTimePicker akan muncul seperti pada gambar dibawah : 7.        Untuk peenggunaannya ya seperti palette yang lain, tinggal klik kemu

Contoh Normalisasi, Relasi Antar Tabel, Kamus Data dan Pembuatan Database Sistem Informasi Klinik atau Rumah Sakit

Assalamu'alaikum... Mencoba berbagi lagi sambil nunggu waktu buka puasa, irna pengen bahas tentang bagaimana merancang sistem (analisys system) pembuatan sebuah Sistem Informasi Klinik atau bisa juga Rumah Sakit tapi dalam lingkup kecil. Yang mau irna bahas disini dari pembuatan Normalisasi, Relasi Antar Tabel, Kamus Data dan Pembuatan Database Sistem Informasinya. Pembahasan sebelumnya tentang Contoh Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Klinik atau Rumah Sakit (Diagram Konteks, DFD/DAD, Flowchart System) sudah irna posting lebih dulu kok tinggal klik aja link nya tapi jangan lupa Skip Add yah tunggu 5 detik ajah hehee... Yupzt berikut hasil screen shoot gambar-gambarnya untuk normalisasi sampai kamus data nya : >> Bentuk Tidak Normal (Unnormal) : >> Bentuk Normal Pertama : >> Bentuk Normal kedua : >> Bentuk Normal Ketiga : >> Relasi Antar Tabel : >> Kamus Data : Tabel 4. 1 Pengguna No Fie

Tutorial Membuat Penomoran Otomatis atau Auto Number Java Netbeans

Membuat penomoran otomatis atau auto number, Yaitu ketika form ditampilkan, selesai menyimpan data, edit data, hapus data dan membatalkan penginputan kode/id/nomor akan muncul secara otomatis dan urut melanjutkan kode yang sudah diinputkan. Berikut cara pembuatannya :       1. Tentunya buka dahulu project Anda masing-masing hehee… kemudian masuk ke Tab menu Project Anda dan buatlah Source Package baru dengan cara klik kanan Source Package pada projeck Anda> pilih New > pilih Java Package.. seperti pada gambar, Isikan Package Name sesuai keinginan Anda, kalau punya saya medical.classJava (medical = nama project) hehee… Klik Finish.       2.    Kemudian buatlah sebuah Java Class di dalam Source Package yang baru saja dibuat tadi. Caranya seperti biasa klik kanan > pilih New > pilih Java Class.. Setelah muncul form , berikan nama Validasi pada Class Namenya. Kemudian klik Finish.       3. Setelah muncul Validasi.java di bawah coding p