Skip to main content

Tutorial Membuat Aplikasi Atau Sistem Client Server Java Desktop Dengan NetBeans

Assalamua'laikum..

Mencoba memenuhi banyak request tutorial tentang client-server, yang tentunya berhubungan dengan java Dekstop oleh NetBeans.

Atau bisa juga disebut dengan mengkoneksikan aplikasi atau sistem client server dari java NetBeans ke database MySQL. Apa sih client server itu? Client-server adalah salah satu model komunikasi dua komputer atau lebih yang berfungsi melakukan pembagian tugas. Client bertugas untuk melakukan input, update, penghapusan, dan menampilkan data sebuah database. Sementara server berfungsi menyediakan pelayanan untuk melakukan manajemen, yaitu penyimpan dan mengolah database. Tutorial yang akan kita praktekkan ini bersifat dinamis, yaitu aplikasi/sistem bisa standalone dan juga bisa client server. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.     Buat sebuah project atau buka project teman-teman yang akan di buat client server, kalau milik irna diberi nama project : appCobaCoba.
2.    Dari project tersebut, buka Tab Files, lihat gambar!

3.    Pada project/aplikasi masing-masing lakukan klik kanan > pilih New > pilih Other…

4.    Setelah muncul form New File, pilih Categories : Other kemudian pada File Types : Folder, lalu klik Next.


5.    Isikan folder name : setting, kemudian klik Finish.


6.    Kemudian pada folder setting tadi, lakukan klik kanan > pilih New > pilih Other… (seperti pada langkah no 3).
7.    Setelah muncul form New File, pilih Categories : Xml kemudian pada File Types : Xml Document, lalu klik Next. 

8.    Lalu pilih Well-formd Document, kemudian klik Finish.
9.    Setelah file database.xml terbuka, edit dan ubah code nya seperti berikut :


KETERANGAN PENTING :
-     Code ini BELUM bersifat client server (standalone) atau juga bisa disebut dengan konsep 1-Tier (1-tingkat) dimana sebuah komputer yang mengakses sebuah database dari komputer sendiri. Dengan kata lain, aplikasi antarmuka user dan aplikasi DBMS terdapat pada komputer yang sama. Sehingga code Host-nya masih localhost.
-      Untuk mengubah menjadi client server, Host-nya diubah dengan IP komputer server.
-    Sesuaikan nama database  masing-masing, milik irna nama database-nya “dbcobacoba”.
-          Jika database milik anda berpassword, isikan password-nya.
-          Jangan lupa lakukan Save.

10. Kembali ke Tab Project. Supaya struktur folder dan letak file project anda tersusun rapi, buat Package baru untuk menyimpan file java class dengan cara klik kanan pada Source Package (di project masing-masing) > pilih New > pilih Java Package.

Lalu berikan nama : fungsi (direkomendasikan).

11.  Langkah selanjutnya, pada package file tadi, lakukan klik kanan > pilih New > pilih Java Class. Berikan class name : koneksiDB (direkomendasikan).
12. Setelah file koneksiDB.java terbuka, edit dan ubah codenya seperti berikut :

13. Lakukan Add Driver MySQL dengan cara klik kanan pada Libraries pada project masing-masing > pilih Add Library > pilih Import > cari MySQL JDBC Driver > klik Import Library > pilih lagi MySQL JDBC Driver > klik Add Library.

 

14. Untuk pengkodingan client server selesai. Tetapi masih ada tahap setting hak akses pada database server loh, gimana ya caranya?? Baik-baik irna coba kasih tutornya juga, tapi hanya untuk pengguna database MySQL di phpMyAdmin (contoh pada XAMPP). Klik Next.. 

18. SELESAI. Coba jalankan program anda! Lakukan testing program, jika program anda berhasil login/dapat mengolah data seperti simpan/edit/delete data dari database atau bisa menampilkan data ke tabel berarti setting client server anda berhasil. Jika tidak, cek ulang pada code database.xml Project anda apakah host/database/password sudah sesuai atau belum,

 Alhamdulillah, mudah kan?? Berikut screen shoot hasil program AppCobaCoba pada tutorial ini :




Nah.. jika teman-teman menginginkan sorce code nya silahkan download gratis disini (rar tidak berpassword ). Dan kalau menginginkan e-book tutorial bentuk pdf nya juga silahkan download saja.

Selamat mencoba.. wassalamu'alaikum dan

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ HAPPY CODING J ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

NB : Pasti banyak kekurangan atau mungkin banyak kesalahan yang penting bukan hasil copy paste dari blog lain alias hasil karya sendiri, makanya Irna tunggu kritik dan sarannya, terimakasih..


Comments

  1. assalamualaikum mbk irna, saya sedang belajar ototdidak tentang html,css dan membuat database saya sering nemu kesulitan kalo boleh saya minta kontak mbak irna boleh ga, buat bertanya
    kalo boleh email saya ya mbak, helmimuhtiar@gmail.com
    terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam.. sudah saya email ya mas

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. Boleh coba aplikasi pertokoan "MiniMart" (gratis sepenuhnya & open source lhoo....). Aplikasi ini saya buat utk mengelola tokoku sendiri.

    Selengkapnya : http://helloyud.blogspot.co.id/2016/12/aplikasi-pertokoan-minimart.html

    ReplyDelete
  3. assalamualaikum wr.wb

    Mba tinta maaf saya minta tutorial beserta sourcecode dan penjelasannya tentang membuat aplikasi berbasis desktop dan aplikasi berbasis web menggunakan java netbeans. {aplikasi apa saja : kepegawaian juga boleh} . mohon kirim ke email saya yah mba..murtado526@gmail.com

    "wasssalamualaikum wr.wb."

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  4. Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat...
    My blog

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum. Boleh saya minta scrip javaweb untuk program rs? Email saya gitaflo67@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum ,saya cuma mau nanya nih kak,saya kan udah bikin aplikasi inventori di netbeans yang ada databasenya pake mysql phpmyadmin ,nah saya mau aplikasi itu bisa dibuka di komputer orang lain , dengan database yang bekerja tentunya ,itu gimana caranya yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dibuat client server seperti ini saja

      Delete
    2. Ohh gitu yaa ka ,yaudah saya coba dulu terapin.

      Delete
  7. Assalamualaikum mbak, alamat source code nya gabisa dibuka mbak...
    Ini alamat email saya rosasaepulnugraha@gmail.com

    ReplyDelete
  8. AsalAmualaikm mb irna... Cara setting biar bisa di jalanin di 2 pc gimana?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial atau Cara Menambahkan Palette yang Belum Tersedia di Netbeans

Ini juga gak kalah mudahnya, tapi semoga bermanfaat karena berbagi itu gak ada yang sia-sia. (yang di praktekkan menambahkan palette jDateTimePicker. Berikut langkah-langkahnya : 1.      Pada menu bar Tools pilih Palette > pilih Swing/AWT Components. 2.        Setelah muncul tampilan seperti dibawah klik Add From Jar. 3.        Cari file Calendar.jar yang sudah anda download/simpan, jika belum punya silahkan temen2 download dulu di >> Download Kemudian klik Next. 4.        Pilih Available Components JDateTimePicker, Kemudian klik Next. 5.        Pilih palette categories tempat untuk menyimpan hasil penambahan palette jDateTimePicker nya, disini saya pilih Swing Controls Klik Finish. Form yang masih terbuka close saja.  6.        Cek di palette Swing Controls, jika berhasil maka palette jDateTimePicker akan muncul seperti pada gambar dibawah : 7.        Untuk peenggunaannya ya seperti palette yang lain, tinggal klik kemu

Contoh Normalisasi, Relasi Antar Tabel, Kamus Data dan Pembuatan Database Sistem Informasi Klinik atau Rumah Sakit

Assalamu'alaikum... Mencoba berbagi lagi sambil nunggu waktu buka puasa, irna pengen bahas tentang bagaimana merancang sistem (analisys system) pembuatan sebuah Sistem Informasi Klinik atau bisa juga Rumah Sakit tapi dalam lingkup kecil. Yang mau irna bahas disini dari pembuatan Normalisasi, Relasi Antar Tabel, Kamus Data dan Pembuatan Database Sistem Informasinya. Pembahasan sebelumnya tentang Contoh Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Klinik atau Rumah Sakit (Diagram Konteks, DFD/DAD, Flowchart System) sudah irna posting lebih dulu kok tinggal klik aja link nya tapi jangan lupa Skip Add yah tunggu 5 detik ajah hehee... Yupzt berikut hasil screen shoot gambar-gambarnya untuk normalisasi sampai kamus data nya : >> Bentuk Tidak Normal (Unnormal) : >> Bentuk Normal Pertama : >> Bentuk Normal kedua : >> Bentuk Normal Ketiga : >> Relasi Antar Tabel : >> Kamus Data : Tabel 4. 1 Pengguna No Fie

Tutorial Membuat Penomoran Otomatis atau Auto Number Java Netbeans

Membuat penomoran otomatis atau auto number, Yaitu ketika form ditampilkan, selesai menyimpan data, edit data, hapus data dan membatalkan penginputan kode/id/nomor akan muncul secara otomatis dan urut melanjutkan kode yang sudah diinputkan. Berikut cara pembuatannya :       1. Tentunya buka dahulu project Anda masing-masing hehee… kemudian masuk ke Tab menu Project Anda dan buatlah Source Package baru dengan cara klik kanan Source Package pada projeck Anda> pilih New > pilih Java Package.. seperti pada gambar, Isikan Package Name sesuai keinginan Anda, kalau punya saya medical.classJava (medical = nama project) hehee… Klik Finish.       2.    Kemudian buatlah sebuah Java Class di dalam Source Package yang baru saja dibuat tadi. Caranya seperti biasa klik kanan > pilih New > pilih Java Class.. Setelah muncul form , berikan nama Validasi pada Class Namenya. Kemudian klik Finish.       3. Setelah muncul Validasi.java di bawah coding p