Skip to main content

Tips agar betah "ngoding" (khususnya buat perempuan)

Assalamu'alaikum.. Hai hai temen2, khususnya temen2 yang lagi belajar atau yang udah master nya IT, calon2 Programmer hehee..  dari pada ngantuk pas jaga warnet iseng gores blog aja,..
Taulah dengan istilah "ngoding", tapi pernah sih di tanya adek tingkat (cewek loh...) yang baru semester 1 di kampus ku tercinta STMIK El Rahma Yogyakarta dan irna ada di semester 7 ketika itu tak ajak chatingan di BBM irna bahasnya tentang "ngoding" eh setelah lama chatingan ternyata dia itu belum tau istilah "ngoding" . Menurut irna sih "ngoding" itu jadi tukang ketik, tapi tukang ketik bahasa pemrograman tertentu dan di text editor tertentu bukan di Ms. Word loh hehe..
Jujur saja irna kuliah di IT bener2 mulai dari 0 (kosong) gak sahabat banget dengan yang namanya komputer atau laptop orang irna SMK nya ambil jurusan Busana Butik (design, fashion, jahit menjahit baju dll). Jadi, ketika awal masuk kuliah dan belajar mata kuliah IT sempet pesimis apa irna bisa melanjutkan belajar ini?? tapi karena inget orang tua dan cita2 irna nekat aja, jalanin semua matakuliah demi matakuliah dengan usaha tapi gak pernah memaksa diri. eh eh malah curcol haha maaf2..




irna niatnya cuma mau coba share tips biar betah "ngoding" khususnya buat cewek, tapi menurut pengalaman irna aja sih.. Gak ada salahnya kan programmer cewek, kalau dikata'in "programmer kok cewek" yah diemin ajah, irna juga sering dikata'in gitu tapi whatever lah hehee...


1. Baca do'a

Hmmm... sebelum memulai sesuatu kan jauh lebih baik berdo'a dulu semoga apa yang dikerjakan menjadi barokah, nah makanya sebelum mulai "ngoding" baca do'a sebelum belajar atau BISMILLAH.Jadi inget lagu yang syairnya gini "Dimulai dengan BISMILLAH, disudahi dengan ALHAMDULILLAH ........." lupa kelanjutannya :D

2. Fokus
Pastikan semua pikiran yang tidak berkaitan dengan "ngoding" dilupakan dahulu. Kadang "ngoding" itu irna jadikan pelampiasan saat galau karena apapun itu, apalagi masalah hati (wajar lah ya cewek kalau udah masalah hati lebih gimana gitu dibanding cowok hehe)

3. Pilih tempat yang nyaman
Saat "ngoding" pilih tempat yang nyaman dan tentunya jauh dari gangguan orang2 disekitar dan jauhi tempat yang berisik, karena tempat yang banyak orang yakin itu sangat mengganggu, lebih baik "ngoding" di kamar sendiri jangan di ruang keluarga yo..

4. Posisi duduk
Perhatikan juga posisi duduk mu jangan asal duduk apalagi "ngoding" kok tiduran, kalau asal duduk nanti punggung, pinggang atau kaki akan cepet terasa pegal apalagi mata, jika jarak mata dengan layar monitor terlalu dekat pasti mata cepet lelah dan ujungnya cepet ngantuk dan pengennya tidur aja gak usah "ngoding" lagi.

5. Sediakan air minum
Yang namanya "ngoding" kan duduk ya? gak ada yang berdiri haha.. meskipun duduk tapi kita bakal cepet capek dan haus bahkan juga bisa kok dehidrasi dan justru karena banyak duduk itu harus banyak minum air putih (kan kasihan ginjalnya). Pengalaman irna saat semua kegiatan irna banyak duduk tapi minum air putihnya kurang malah terkena inveksi saluran buang air kecilnya. Makanya irna sarankan ketika "ngoding" di meja sediakan air putih.

6. Perhatikan Waktu/jam "ngoding"
Buat cewek sih irna sarankan kalo "ngoding" mending siang aja, kalau malam ya jangan ikut2an lembur sampe jam 3 pagi kayak cowok lah kita kan beda daya tahan tubuhnya sama mereka (para lelaki). Kalau emang harus lembur ya maksimal jam 10. Tapi kalau irna udah biasa sih sampe jam 1, kalau sebelum jam 1 malah belum bisa tidur. 

7. Mainkan logika
Nah.. pas di awal semester kan ada tuh matakuliah yang namanya Algoritma Pemrograman, disitu kita mengenal yang namanya Logika Algoritma. Kita emang dituntut untuk bisa bermain di logika untuk bisa sukses "ngoding", yang paling penting itu logika IF THEN ELSE nya hehe..

8. Pantang menyerah/ jangan mudah putus asa.
Biasanya kalau udah ketemu dengan coding yang error dan udah gak bisa melanjutkan terus putus asa deh, tutup laptop. JANGAN.......!!!!! dicoba dan diotak-atik dulu donk, kecuali kalau waktunya emang udah gak memungkinkan untuk melanjutkan. Kan seneng n bahagia banget tuh kalau error tapi kita bisa mengatasinya sendiri dengan coba-coba. (Sering merasakan gitu hahaa...)


Setelah itu semua udah kamu lakukan insyaAllah siap buat "ngoding". Irna rasa sih itu udah cukup buat cewek yang suka atau hobi "ngoding". Selamat mencoba teman... dan HAPPY CODING :D


Comments

Popular posts from this blog

Tutorial atau Cara Menambahkan Palette yang Belum Tersedia di Netbeans

Ini juga gak kalah mudahnya, tapi semoga bermanfaat karena berbagi itu gak ada yang sia-sia. (yang di praktekkan menambahkan palette jDateTimePicker. Berikut langkah-langkahnya : 1.      Pada menu bar Tools pilih Palette > pilih Swing/AWT Components. 2.        Setelah muncul tampilan seperti dibawah klik Add From Jar. 3.        Cari file Calendar.jar yang sudah anda download/simpan, jika belum punya silahkan temen2 download dulu di >> Download Kemudian klik Next. 4.        Pilih Available Components JDateTimePicker, Kemudian klik Next. 5.        Pilih palette categories tempat untuk menyimpan hasil penambahan palette jDateTimePicker nya, disini saya pilih Swing Controls Klik Finish. Form yang masih terbuka close saja.  6.        Cek di palette Swing Controls, jika berhasil maka palette jDateTimePicker akan muncul seperti pada gambar dibawah : 7.        Untuk peenggunaannya ya seperti palette yang lain, tinggal klik kemu

Contoh Normalisasi, Relasi Antar Tabel, Kamus Data dan Pembuatan Database Sistem Informasi Klinik atau Rumah Sakit

Assalamu'alaikum... Mencoba berbagi lagi sambil nunggu waktu buka puasa, irna pengen bahas tentang bagaimana merancang sistem (analisys system) pembuatan sebuah Sistem Informasi Klinik atau bisa juga Rumah Sakit tapi dalam lingkup kecil. Yang mau irna bahas disini dari pembuatan Normalisasi, Relasi Antar Tabel, Kamus Data dan Pembuatan Database Sistem Informasinya. Pembahasan sebelumnya tentang Contoh Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Klinik atau Rumah Sakit (Diagram Konteks, DFD/DAD, Flowchart System) sudah irna posting lebih dulu kok tinggal klik aja link nya tapi jangan lupa Skip Add yah tunggu 5 detik ajah hehee... Yupzt berikut hasil screen shoot gambar-gambarnya untuk normalisasi sampai kamus data nya : >> Bentuk Tidak Normal (Unnormal) : >> Bentuk Normal Pertama : >> Bentuk Normal kedua : >> Bentuk Normal Ketiga : >> Relasi Antar Tabel : >> Kamus Data : Tabel 4. 1 Pengguna No Fie

Tutorial Membuat Penomoran Otomatis atau Auto Number Java Netbeans

Membuat penomoran otomatis atau auto number, Yaitu ketika form ditampilkan, selesai menyimpan data, edit data, hapus data dan membatalkan penginputan kode/id/nomor akan muncul secara otomatis dan urut melanjutkan kode yang sudah diinputkan. Berikut cara pembuatannya :       1. Tentunya buka dahulu project Anda masing-masing hehee… kemudian masuk ke Tab menu Project Anda dan buatlah Source Package baru dengan cara klik kanan Source Package pada projeck Anda> pilih New > pilih Java Package.. seperti pada gambar, Isikan Package Name sesuai keinginan Anda, kalau punya saya medical.classJava (medical = nama project) hehee… Klik Finish.       2.    Kemudian buatlah sebuah Java Class di dalam Source Package yang baru saja dibuat tadi. Caranya seperti biasa klik kanan > pilih New > pilih Java Class.. Setelah muncul form , berikan nama Validasi pada Class Namenya. Kemudian klik Finish.       3. Setelah muncul Validasi.java di bawah coding p